SILABUS MATA PELAJARAN KIMIA
(Peminatan Bidang MIPA)
Satuan Pendidikan :
SMA
Kelas : XI
Kompetensi Inti
KI 1 : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati dan mengamalkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap
sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara
efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 : Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan
wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI 4 : Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif
dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pokok
|
Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
1.1 Menyadari adanya keteraturan dari sifat hidrokarbon,
termokimia, laju reaksi, kesetimbangan kimia, larutan dan koloid sebagai wujud kebesaranTuhan
YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif
2.3
Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan
3.1 Menganalisis struktur dan sifat senyawa
hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan atom karbon dan penggolongan senyawanya
4.1
Mengolah dan menganalisis struktur dan sifat senyawa hidrokarbon berdasarkan pemahaman kekhasan
atom karbon dan penggolongan senyawanya.
|
· Struktur Alkana, alkena dan alkuna
· Isomer
· Sifat-sifat fisik
alkana, alkena dan alkuna
|
Mengamati(Observing)
· Mengkaji
dari berbagai sumber tentang senyawa hidrokarbon
Menanya(Questioning)
· Mengajukan
pertanyaan mengapa senyawa hidrokarbon banyak
sekali terdapat di alam?
· Bagaimana cara mengelompokkan senyawa hidrokarbon?
· Bagaimana cara memberi nama senyawa hidrokarbon?
Mengumpulkan data (Eksperimenting)
· Menentukan
rumus umum Alkana, alkena dan alkuna berdasarkan
analisis rumus strukturnya
· Mendiskusikan aturan IUPAC
untuk memberi nama senyawa alkana, alkena dan alkuna
· Mendiskusikan
pengertian isomer (isomer rangka, posisi, fungsi,
geometri)
· Memprediksi
isomer dari senyawa hidrokarbon
Mengasosiasi(Associating)
·
Menghubungkan rumus struktur alkana, alkena dan alkuna
dengan sifat fisiknya
·
Berlatih membuat isomer senyawa karbon
Mengkomunikasikan (Communicating)
· Menyampaikan
hasil diskusi atau ringkasan pembelajaran dengan lisan atau tertulis, dengan
menggunakan tata bahasa yang benar.
|
Portofolio
·
Hasil rangkuman
Tes tertulis uraian menganalisis :
· Struktur akana, alkena dan alkuna serta tatanama menurut IUPAC
· Isomer
|
3 mgg x 4 jp
|
· Buku kimia
· Lembar kerja
· molymod
|
0 komentar:
Posting Komentar