Blogger Widgets

™Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 H™

Jumat, 03 Januari 2014

Cara Menginstall Kimux (Kimia Linux) di Laptop atau Komputer

Kimux adalah singkatan dari Kimia Linux yang merupakan hasil modifikasi Linux Ubuntu yang di dalamnya sudah berisi aplikasi dan software – software  kimia. Kimux memudahkan para pengajar (guru/dosen) untuk membuat suatu program pembelajaran kimia berbasis ICT.
Kimux yang digunakan adalah hasil modifikasi dari Ubuntu 13.10. Mengikuti rilis Ubuntu 13.10 pada tanggal 17 Oktober 2013, maka telah disusun juga dalam format remaster berupa Kimux 13.10. Seperti rilis sebelumnya, Kimux 13.10 jugaberisi paket aplikasi kimia dan standarisi Ubuntu. Kimux 13.10 berukuran kuranglebih 2,5 GB sudah sukses dijalankan sebagai Live USB, sukses dipakai untuk memasang Kimux 13.10 ke laptop, sukses juga diremaster lagi untuk mendapatkan file ISO lalu dipasang lagi ke Flashdisk menggunakan Unetbootin.

Berikut ini adalah cara menginstall KIMUX:
1.    Pastikan sebelum install Kimux siapkan dulu partisi kosong kira-kira 50 GB, karena Kimux sendiri memakan size sekitar 8 GB, jadi kita persiapkan ruang lebih banyak untuk memasang software, aplikasi, dan data lain di dalam kimux.
2.    Pertama kali boot dari Live CD/USB kita akan disambut dengan menu pilihan untuk mencoba dulu atau langsung menginstall Ubuntu.
3.    Double klik Icon Install Ubuntu.
4.    Akan muncul jendela instalasi yang menawarkan pilihan bahasa yang akan kita pakai, pilih sesuai keinginan. Kemudian lanjutkan atau forward.
5.    Pada tampilan jenis instalasi, pilih manual. Kemudian pilih lanjutkan/forward.
6.    Mengatur table partisi: gunakan partisi yang paling sedikit dan kosong (partisi yang sudah anda persiapkan). Pada kolom use as, pilih Ext4. Centang format the partition. Kemudian klik Ok. Pastikan pada kolom titik kita sudah ada tanda (/). Pilih pasang sekarang. Klik lanjutkan.
7.    Pengisi data personal:
a. Pada kolom Negara dimana anda tinggal. Lanjutkan.
b. Pada keyboard layout, pilih English US. Lanjutkan. 
c. Isi name, username, password, dan pilihan login. Lanjutkan.
8.    Tunggu beberapa waktu. Kimux akan secara otomatis terinstall.
9.    Kimux siap untuk digunakan.
10. Restart: saat proses instalasi akan muncul window yang meminta kita untuk restart. Anda bebas untuk memilih restart sekarang atau masih mau mencoba Ubuntu dari live session. Yang pasti setelah Anda restart, Ubuntu sudah tersaji di computer anda bersanding dengan Windows yang sudah lebih dulu terinstall.



0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter