Blogger Widgets

™Selamat Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 H™

Sabtu, 04 Januari 2014

RPP Materi Alkana, Alkena, dan Alkuna

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

A.     Identitas
Identitas Sekolah          : SMA/MA . . . . .
Mata Pelajaran             : Kimia
Kelas/Semester            : XI/1
Pokok Pembahasan       : Senyawa Karbon
Subpokok Pembahasan : Alkana, alkena, dan alkuna

B.     Kompetensi Dasar (KD)
KD dari KI 1:
1.1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KD dari KI 2:
1.2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KD dari KI 3:
1.3 Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KD dari KI 4:
1.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

C.     Indikator
·        Mengagungkan kebesaran Tuhan YME.
·       Menyadari bahwa ketentuan yang ditetapkan oleh Tuhan YME adalah yang terbaik bagi kita.
·        Mengajukan pertanyaan.
·        Menjawab pertanyaan.
·        Jujur dalam mengerjakan soal evaluasi pembelajaran.
·        Menyampaikan ide atau pendapat.
·       Disiplin tepat waktu dalam mengerjakan soal yang terkait dengan tatanama senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
·        Mendengarkan dengan aktif.
·        Aktif bekerjasama dalam diskusi kelompok.
·        Teliti, berkerja secara teratur, rinci, dan tertib dalam menuliskan reaksi-reaksi pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
·     Kreatif, merancang molymod buatan untuk menentukan isomer pada senyawa hidrokarbon alkana, alkena, alkuna.

D.     Tujuan Pembelajaran
·        Siswa dapat memberi nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna berdasarkan rumus molekul menurut IUPAC.
·   Siswa dapat menjelaskan konsep isomer dan penerapannya pada sifat senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
·      Siswa dapat menuliskan reaksi sederhana pada alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, substitusi, dan perengkahan).
·    Siswa dapat menjelaskan rumus struktur dan rumus molekul senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
·        Siswa dapat menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia alkana, alkena, dan alkuna.

E.     Materi pembelajaran
·         Struktur alkana, alkena, dan alkuna.
·         Isomer.
·         Sifat-sifat fisik alkana, alkena, dan alkuna.

F.      Pendekatan dan Metode Pembelajaran
Pendekatan      : Contextual Teaching and Learning
Metode            : Cooperative Learning
Teknik             : Diskusi Kelompok, Inquiry Kepustakaan, Tanya Jawab
Model              : Jigsaw

G.    Media dan Sumber Belajar
·         LCD Projector.
·         Video atau animasi (kimia komputasi).
·         Internet (webpage atau web blog).
·         Lembar Kerja Siswa (LKS).
·         Buku-buku Kimia SMA Kelas XI.
·         Charta dan Molymod.

 HLangkah-langkah Pembelajaran
1. Pendahuluan (fase orientasi) (10 menit)
    a)  Menyampaikan tujuan pembelajaran hari ini.
   b) Memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa dalam  mempelajari topik yang akan dibahas dan menggali pengetahuan awal siswa.
·        Apakah ada senyawa yang memiliki rumus molekul sama? setiap senyawa pasti memiliki sifat kimia dan sifat fisika. Bagaimana kemungkinan sifat-sifat fisik alkana, alkena, dan alkuna?
c)    Siswa diminta duduk bersama kelompoknya masing-masing.
2. Kegiatan Inti (fase eksplorasi-imajinasi-internalisasi) (90 menit)
·         Menjelaskan langkah-langkah pemberian nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
·       Melatih siswa untuk memberi nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna berdasarkan contoh.
·         Meminta siswa untuk mengerjakan latihan soal.
·         Pembahasan atas jawaban siswa.
·   Menjelaskan senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan dan jenis ikatan pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna dengan menggunakan molymod.
·     Bersama dengan kelompoknya merancang molymod buatan untuk menunjukan jenis ikatan antara atom karbon pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
·    Meminta siswa mengelompokkan senyawa alkana, alkena, dan alkuna berdasarkan rumus molekul dan rumus strukturnya.
·        Meminta siswa untuk melaporkan hasil diskusi.
·        Pembahasan hasil diskusi siswa.
·        Menjelaskan istilah isomer dan jenis isomer.
·     Meminta siswa untuk menentukan isomer senyawa hidrokarbon alkana, alkena, dan alkuna menggunakan molymod.
·        Memberikan soal latihan kepada siswa.
·        Siswa diminta menuliskan hasil pekerjaannya.
·        Menjelaskan sifat fisis alkana, alkena, dan alkuna dikaitkan dengan ikatan yang dimilikinya.
·        Siswa diminta untuk mengerjakan LKS.
3. Penutup (fase evaluasi) (15 menit)
·    Guru melakukan review terhadap hasil kerja siswa dan melakukan reflex dengan meminta siswa untuk mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
·         Memberikan tugas rumah tentang senyawa alkana, alkena, alkuna, dan isomer.

I.       Penilaian Hasil Pembelajaran
·         Tes hasil belajar (penguasaan konsep) kimia menggunakan penskoran.
·         Penilaian sikap (perilaku) menggunakan lembar pengamatan siswa..
·         Penilaian keterampilan kemampuan menggunakan mengaplikasikan media molymod.

Soal Evaluasi:
1.      Nama yang tepat untuk senyawa CH2 = C – CH – CH2 – CH3 adalah …
 


           CH3 CH3
a.       2,3-metil-1-pentana
b.      2,3-dimetil-1-pentena
c.       2,3-dimetilpentana
d.      2-metil-3 metilpentana
e.       2-metil-3 metil-1-pentana

2.      Tentukan jumlah isomer senyawa C4H6!

3.      Jumlah isomer dikloro yang dapat dihasilkan bila n-butana diklorinasi adalah …
a.       2
b.      4
c.       5
d.      6
e.       7

4.      Sebutkan sifat-sifat fisik dari alkana, alkena, dan alkuna!

5.      Perhatikan senyawa berikut!
a.       C4H10            b. C4H8                        c. C5H8
Berdasarkan senyawa diatas, tentukan:
a.         Nama senyawa tersebut
b.         Rumus struktur
c.         Isomer yang mungkin terjadi

6.       Tulislah rumus struktur dan nama IUPAC dari semua alkana yang rumus molekulnya C6H14!



0 komentar:

Posting Komentar

Flag Counter