RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
A.
Identitas
Identitas Sekolah : SMA/MA . . . . .
Mata Pelajaran : Kimia
Kelas/Semester : XI/1
Pokok Pembahasan : Senyawa Karbon
Subpokok Pembahasan : Alkana, alkena, dan alkuna
B.
Kompetensi
Dasar (KD)
KD dari KI 1:
1.1 Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
KD dari KI 2:
1.2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan
proaktif, dan menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
KD dari KI 3:
1.3 Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan,
kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KD dari KI 4:
1.4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah
abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda
sesuai kaidah keilmuan.
C.
Indikator
· Mengagungkan kebesaran Tuhan YME.
· Menyadari bahwa ketentuan yang
ditetapkan oleh Tuhan YME adalah yang terbaik bagi kita.
· Mengajukan pertanyaan.
· Menjawab pertanyaan.
· Jujur dalam mengerjakan soal
evaluasi pembelajaran.
· Menyampaikan ide atau pendapat.
· Disiplin tepat waktu dalam mengerjakan soal yang terkait dengan
tatanama senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
· Mendengarkan dengan aktif.
· Aktif
bekerjasama dalam diskusi kelompok.
· Teliti,
berkerja secara teratur, rinci, dan
tertib dalam menuliskan reaksi-reaksi pada senyawa
alkana, alkena, dan alkuna.
· Kreatif, merancang
molymod buatan untuk menentukan isomer pada senyawa
hidrokarbon alkana, alkena, alkuna.
D.
Tujuan
Pembelajaran
· Siswa dapat memberi nama senyawa
alkana, alkena, dan alkuna berdasarkan rumus molekul menurut IUPAC.
· Siswa dapat menjelaskan konsep
isomer dan penerapannya pada sifat senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
· Siswa dapat menuliskan reaksi
sederhana pada alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, substitusi, dan perengkahan).
· Siswa dapat menjelaskan rumus
struktur dan rumus molekul senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
· Siswa dapat menjelaskan sifat fisik
dan sifat kimia alkana, alkena, dan alkuna.
E.
Materi
pembelajaran
·
Struktur alkana, alkena, dan alkuna.
·
Isomer.
·
Sifat-sifat fisik alkana, alkena,
dan alkuna.
F.
Pendekatan
dan Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contextual Teaching and Learning
Metode : Cooperative Learning
Teknik : Diskusi Kelompok, Inquiry Kepustakaan, Tanya Jawab
Model : Jigsaw
G.
Media
dan Sumber Belajar
·
LCD Projector.
·
Video atau animasi (kimia komputasi).
·
Internet (webpage atau web blog).
·
Lembar Kerja Siswa (LKS).
·
Buku-buku Kimia SMA Kelas XI.
·
Charta dan Molymod.
H. Langkah-langkah
Pembelajaran
1.
Pendahuluan (fase orientasi) (10 menit)
a) Menyampaikan tujuan
pembelajaran hari ini.
b) Memotivasi siswa dengan mengajukan pertanyaan untuk menuntun siswa
dalam mempelajari topik yang akan
dibahas dan menggali pengetahuan awal siswa.
· Apakah ada senyawa yang memiliki
rumus molekul sama? setiap senyawa pasti memiliki sifat kimia dan sifat fisika.
Bagaimana kemungkinan sifat-sifat fisik alkana, alkena, dan alkuna?
c)
Siswa diminta duduk bersama kelompoknya masing-masing.
2.
Kegiatan Inti (fase eksplorasi-imajinasi-internalisasi) (90 menit)
·
Menjelaskan langkah-langkah
pemberian nama senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
· Melatih siswa untuk memberi nama
senyawa alkana, alkena, dan alkuna berdasarkan contoh.
·
Meminta siswa untuk mengerjakan
latihan soal.
·
Pembahasan atas jawaban siswa.
· Menjelaskan senyawa hidrokarbon
berdasarkan kejenuhan ikatan dan jenis ikatan pada senyawa alkana, alkena, dan
alkuna dengan menggunakan molymod.
· Bersama dengan kelompoknya merancang
molymod buatan untuk menunjukan jenis ikatan antara atom
karbon pada senyawa alkana, alkena, dan alkuna.
· Meminta siswa mengelompokkan senyawa
alkana, alkena, dan alkuna berdasarkan rumus molekul dan rumus strukturnya.
· Meminta siswa untuk melaporkan hasil
diskusi.
· Pembahasan hasil diskusi siswa.
· Menjelaskan istilah isomer dan jenis
isomer.
· Meminta siswa untuk menentukan
isomer senyawa hidrokarbon alkana, alkena, dan alkuna menggunakan molymod.
· Memberikan soal latihan kepada
siswa.
· Siswa diminta menuliskan hasil
pekerjaannya.
· Menjelaskan sifat fisis alkana,
alkena, dan alkuna dikaitkan dengan ikatan yang dimilikinya.
· Siswa diminta untuk mengerjakan LKS.
3.
Penutup (fase evaluasi) (15 menit)
· Guru melakukan review terhadap hasil
kerja siswa dan melakukan reflex dengan meminta siswa untuk mengungkapkan
perasaan dan pendapatnya.
·
Memberikan tugas rumah tentang
senyawa alkana, alkena, alkuna, dan isomer.
I.
Penilaian
Hasil Pembelajaran
·
Tes hasil belajar (penguasaan konsep)
kimia menggunakan penskoran.
·
Penilaian sikap (perilaku)
menggunakan lembar pengamatan siswa..
·
Penilaian keterampilan kemampuan
menggunakan mengaplikasikan media molymod.
Soal Evaluasi:
1.
Nama
yang tepat untuk senyawa CH2 = C – CH – CH2 – CH3
adalah …
CH3 CH3
a.
2,3-metil-1-pentana
b.
2,3-dimetil-1-pentena
c.
2,3-dimetilpentana
d.
2-metil-3
metilpentana
e.
2-metil-3
metil-1-pentana
2.
Tentukan
jumlah isomer senyawa C4H6!
3.
Jumlah
isomer dikloro yang dapat dihasilkan bila n-butana diklorinasi adalah …
a.
2
b.
4
c.
5
d.
6
e.
7
4.
Sebutkan
sifat-sifat fisik dari alkana, alkena, dan alkuna!
5. Perhatikan
senyawa berikut!
a.
C4H10 b. C4H8 c. C5H8
Berdasarkan senyawa diatas,
tentukan:
a.
Nama senyawa tersebut
b.
Rumus struktur
c.
Isomer yang mungkin terjadi
6.
Tulislah rumus
struktur dan nama IUPAC dari semua alkana yang rumus molekulnya C6H14!
0 komentar:
Posting Komentar